Header Ads

Kiat Sukses Jadi Agen Asuransi

Jika Anda berniat untuk menjadi seorang agen asuransi, maka ada baiknya Anda membekali diri dengan keinginan serta komitmen yang kuat, mengingat asuransi merupakan sebuah produk yang tidak mudah untuk dipasarkan. Anda harus benar-benar memiliki jiwa marketing dalam menjalankan tugas sebagai seorang agen asuransi, dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam menjalani profesi tersebut.
Seorang agen yang baik tentu harus memiliki kepercayaan yang sangat tinggi pada produk yang sedang dipasarkannya, karena dengan begitu klien juga akan lebih mudah percaya pada produk tersebut. Kepercayaan dari klien inilah yang menjadi kunci utama dalam penjualan yang akan Anda lakukan, ketika seseorang telah percaya pada sebuah produk, maka akan lebih mudah baginya untuk melakukan action (tindakan) selanjutnya, yakni pembelian.
Memasarkan sebuah produk tidak selalu harus dilakukan dengan mengingat sejumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan dari penjualan yang Anda lakukan, namun Anda perlu menikmati setiap proses yang terjadi di sana, sehingga semuanya terasa ringan dan Anda menikmati apa yang sedang Anda kerjakan.
Yakinlah pada kemampuan Anda menjual produk tersebut dan lakukan penjualan dengan mudah karena keyakinan yang Anda miliki itu. Tunjukkan kredibilitas Anda sebagai seorang agen asuransi yang profesional, berikan pelayanan yang baik dan tepat waktu sehingga klien merasa dihargai dan diperlakukan dengan baik. Ketika rasa kepercayaan klien telah tumbuh, maka di situlah Anda dapat menuai kesuksesan.

Perlu diketahui, untuk menjadi agen asuransi yang sukses nantinya Anda harus memiliki:

Keahlian Menghadapi Konsumen

Menempatkan kepentingan klien sebagai prioritas. Seorang agen asuransi yang hanya fokus mencari komisi tanpa mempertimbangkan kepentingan klien, kemungkinan tidak akan bertahan lama di industri asuransi. Agen atau broker yang mendengar dengan seksama kebutuhan klien akan mampu mendapatkan kepercayaan klien. Inilah bagian tersulit dari pekerjaan agen asuransi sukses. Agen yang mau menawarkan produk asuransi dengan komisi kecil namun paling sesuai dengan kebutuhan klien merupakan agen asuransi yang menuju kesuksesan.
Layanan konsumen yang baik. Konsumen yang sanggup terhubung kepada agen asuransi saat mereka membutuhkan adalah konsumen yang paling bahagia dan tenang. Jawaban yang tepat waktu atasu pertanyaan atau telpon masuk merupakan keharusan. Anda harus mampu melakukan apa yang Anda janjikan. Sesuai dengan waktu yang Anda janjikan, atau setidaknya berikan alasan yang kuat kenapa Anda tidak bisa melakukannya. Kebanyakan keluhan konsumen asuransi adalah tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan mereka setelah mereka membeli polis asuransi.
Kecerdasan emosi. Aspek ini mencakup kemampuan untuk mendengar dan memberi empati kepada konsumen dalam tingkatan yang dalam untuk memahami apa yang dibutuhkan konsumen sebenarnya. Agen asuransi sukses itu akan solutif dan tahu bagaimana membantu konsumen melihat fakta finansial sekalipun konsumen tidak menyukai fakta itu.

Kepribadian yang Baik

Selalu energik. Satu hal penting atas pekerjaan agen asuransi sukses adalah selalu tampil semangat setiap saat. Tampilan lesu dan penuh kekecewaan akan menjauhkan konsumen dari Anda.
Tidak mudah menyerah. Ini mungkin kualifikasi paling penting untuk pekerjaan agen asuransi sukses. Mereka yang bekerja di bidang asuransi harus mampu menghadapi penolakan setiap hari. Tanggapi penolakan dengan senyuman. Seroang agen asuransi sukses akan memahami bahwa setiap jawaban “tidak” merupakan jalan pintas ke seseorang yang akan menjawab “iya”.
Kejujuran. Agen asuransi yang menggunakan akal bulus untuk menutup transaksi jarang kali berada dalam satu perusahaan untuk waktu lama. Seorang agen asuransi yang baik tahu kapan harus berkata jujur kepada konsumen sehingga mendapatkan kepercayaan setiap saat.

Pengetahuan Umum

Sejumlah besar produk. Seperti kata pepatah lama, jika Anda bekerja dengan sebuah palu maka semua di dunia ini terlihat seperti paku. Seorang agen asuransi akan mampu menawarkan pilihan produk yang komprehensif yang kemungkinan besar memenuhi kebutuhan konsumen.
Pengetahuan teknis. Seorang agen asuransi yang baik tahu lebih dalam sekedar melakukan penjualan. Ada baiknya agen asuransi memahami aspek hukum dan pajak dari produk yang ditawarkan dan bagaimana produk itu dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Rahasia pekerjaan agen asuransi sukses adalah dengan memahami dulu perencanaan keuangan, pajak penghasilan atau berbagai layanan keuangan lain sebagai profesi utama sebelum meluncur ke dunia bisnis asuransi.

No comments