Kiat Sukses Jadi Agen Asuransi
Jika
Anda berniat untuk menjadi seorang agen asuransi, maka ada baiknya Anda
membekali diri dengan keinginan serta komitmen yang kuat, mengingat
asuransi merupakan sebuah produk yang tidak mudah untuk dipasarkan. Anda
harus benar-benar memiliki jiwa marketing dalam menjalankan tugas
sebagai seorang agen asuransi, dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam
menjalani profesi tersebut.
Seorang
agen yang baik tentu harus memiliki kepercayaan yang sangat tinggi pada
produk yang sedang dipasarkannya, karena dengan begitu klien juga akan
lebih mudah percaya pada produk tersebut. Kepercayaan dari klien inilah
yang menjadi kunci utama dalam penjualan yang akan Anda lakukan, ketika
seseorang telah percaya pada sebuah produk, maka akan lebih mudah
baginya untuk melakukan action (tindakan) selanjutnya, yakni pembelian.
Memasarkan
sebuah produk tidak selalu harus dilakukan dengan mengingat sejumlah
keuntungan yang akan Anda dapatkan dari penjualan yang Anda lakukan,
namun Anda perlu menikmati setiap proses yang terjadi di sana, sehingga
semuanya terasa ringan dan Anda menikmati apa yang sedang Anda kerjakan.
Yakinlah pada kemampuan Anda
menjual produk tersebut dan lakukan penjualan dengan mudah karena
keyakinan yang Anda miliki itu. Tunjukkan kredibilitas Anda sebagai
seorang agen asuransi yang profesional, berikan pelayanan yang baik dan
tepat waktu sehingga klien merasa dihargai dan diperlakukan dengan
baik. Ketika rasa kepercayaan klien telah tumbuh, maka di situlah Anda
dapat menuai kesuksesan.
Perlu diketahui, untuk menjadi agen asuransi yang sukses nantinya Anda harus memiliki:
Keahlian Menghadapi Konsumen
Menempatkan kepentingan klien sebagai prioritas.
Seorang agen asuransi yang hanya fokus mencari komisi tanpa
mempertimbangkan kepentingan klien, kemungkinan tidak akan bertahan lama
di industri asuransi. Agen atau broker yang mendengar dengan seksama
kebutuhan klien akan mampu mendapatkan kepercayaan klien. Inilah bagian
tersulit dari pekerjaan agen asuransi sukses. Agen yang mau menawarkan
produk asuransi dengan komisi kecil namun paling sesuai dengan kebutuhan
klien merupakan agen asuransi yang menuju kesuksesan.
Layanan konsumen yang baik.
Konsumen yang sanggup terhubung kepada agen asuransi saat mereka
membutuhkan adalah konsumen yang paling bahagia dan tenang. Jawaban yang
tepat waktu atasu pertanyaan atau telpon masuk merupakan keharusan.
Anda harus mampu melakukan apa yang Anda janjikan. Sesuai dengan waktu
yang Anda janjikan, atau setidaknya berikan alasan yang kuat kenapa Anda
tidak bisa melakukannya. Kebanyakan keluhan konsumen asuransi adalah
tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan mereka setelah mereka membeli
polis asuransi.
Kecerdasan emosi.
Aspek ini mencakup kemampuan untuk mendengar dan memberi empati kepada
konsumen dalam tingkatan yang dalam untuk memahami apa yang dibutuhkan
konsumen sebenarnya. Agen asuransi sukses itu akan solutif dan tahu
bagaimana membantu konsumen melihat fakta finansial sekalipun konsumen
tidak menyukai fakta itu.
Kepribadian yang Baik
Selalu energik. Satu
hal penting atas pekerjaan agen asuransi sukses adalah selalu tampil
semangat setiap saat. Tampilan lesu dan penuh kekecewaan akan menjauhkan
konsumen dari Anda.
Tidak mudah menyerah.
Ini mungkin kualifikasi paling penting untuk pekerjaan agen asuransi
sukses. Mereka yang bekerja di bidang asuransi harus mampu menghadapi
penolakan setiap hari. Tanggapi penolakan dengan senyuman. Seroang agen
asuransi sukses akan memahami bahwa setiap jawaban “tidak” merupakan
jalan pintas ke seseorang yang akan menjawab “iya”.
Kejujuran. Agen
asuransi yang menggunakan akal bulus untuk menutup transaksi jarang kali
berada dalam satu perusahaan untuk waktu lama. Seorang agen asuransi
yang baik tahu kapan harus berkata jujur kepada konsumen sehingga
mendapatkan kepercayaan setiap saat.
Pengetahuan Umum
Sejumlah besar produk.
Seperti kata pepatah lama, jika Anda bekerja dengan sebuah palu maka
semua di dunia ini terlihat seperti paku. Seorang agen asuransi akan
mampu menawarkan pilihan produk yang komprehensif yang kemungkinan besar
memenuhi kebutuhan konsumen.
Pengetahuan teknis.
Seorang agen asuransi yang baik tahu lebih dalam sekedar melakukan
penjualan. Ada baiknya agen asuransi memahami aspek hukum dan pajak dari
produk yang ditawarkan dan bagaimana produk itu dibuat untuk memenuhi
kebutuhan konsumen. Rahasia pekerjaan agen asuransi sukses adalah dengan
memahami dulu perencanaan keuangan, pajak penghasilan atau berbagai
layanan keuangan lain sebagai profesi utama sebelum meluncur ke dunia
bisnis asuransi.
Post a Comment